1.3. Jelaskan dan berikan contoh bagaimana menggunakan layanan SI yang efektif dan cepat tanggap terhadap permasalahan tentang aplikasi yang digunakan oleh user !


Langkah-langkah yang dapat diambil dengan menggunakan penerapan IT dalam meningkatkan produk serta layanan yakni dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemudahan penggunakan teknologi dalam bertelekomunikasi,sehingga dengan ini kita dapat dengan mudah untuk menyebarkan informasi mengenai produk kita yang baru.Dengan istilah lain adalah information produk share.Selain itu kita juga dapat melakukan langkah-langkah umum seperti :

1.      Kualitas pelayanan Harus meningkat dengan pemanfaatan IT
yang dimaksudkan dalam hal ini adalah,bahwa sudah jelas tentunya dengan pemanfaatan IT suatu perusahaan akan meingkat pelayanannya dengan memanfaatkan teknologi tersebut,seperti dengan adanya customer service,serta pelayanan bantuan 24 jam mengenai produk dan jasa.Selain itu juga pelayanan mereka juga dapat dilakukan secara online sehingga akan memudahkan customer untuk tetap terhubung meskipun tidak memiliki banyak waktu.

2.      Apakah Kualitas Produk (Quality Product) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (customer satisfaction)? Tentunya kualitas produk yang baik akan berpengaruh kepada kepuasan pelanggan,sehingga perusahaan harus memaksimalkan penggunaan IT nya untuk meningkatkan kualitas proses pembuatan produk mereka,misalkan yang mana sebelumnya pembuatan produk dilakukan manual,mulai dibuat dengan menggunakan mesin(otomasi).Sehingga tentunya akan memberikan hasil produk yang lebih bagus dan akurat karena pihak perusahaan dapat dengan tepat memberikan perintah pengerjaan secara berkala pada mesin tersebut.

3.      Apakah Kualitas Pelayanan (service Quality) dan Kualitas Produk (Quality Product) secara bersamaan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (customer satisfaction)?

Setelah 3 pertanyaan diatas mampu perusahaan lakukan dengan baik,maka selanjutnya adalah tentu kita yakin bahwa produk dan layanan kita sangatlah memuaskan sehingga pelanggan akan merasa senang dan puas untuk selalu menggunakan produk perusahaan tersebut

Dengan kata lain,langkah yang ditempuh untuk memanfaatkan IT guna meningkatkan pelayanan dan produk diantaranya adalah :
·         Menggunakan IT sebagai media pemberi pelayanan secara online maupun offline
·         Menggunakan teknologi dalam proses pembuatan produk(otomasi)
·         Pembukaan website sebagai langkah untuk mendekatkan diri kepada pelanggan secara online
·         Mempercepat proses pembuatan produk dengan penggunaan teknologi yang mutahir
·         Pemanfaatan internet sebagai langkah penyampaian informasi terbaru dari produk maupun layanan

Contoh

Penerapan sistem informasi manajemen merupakan hal mutlak bagi sebuah institut tak terkecuali perpustakaan. Bagi perpustakaan OPAC sangat membantu pengguna dalam penelusuran informasi, selain memudahkan pencarian, juga menghemat waktu. Penerapan sistem informasi manajemen perpustakaan akan terhambat apabila tidak didukung oleh sarana prasarana dan sumber daya manusia selaku pengelola perpustakaan.

Sumber :


Basuki, Sulistyo. 1993. Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
O’Brien JA, Marakas G. 2009. Management Information System. Ninth edition. Boston: Mc Graw Hill, Inc Universitas Gunadarma.

Lucas, Hendry C. Jr. 1987. Analisis Desain Dan Implementasi Sistem Informasi. Jakarta: Erlangga.


Comments

Popular posts from this blog

1.1 .Sebutkan, jelaskan dan berikan contoh mengenai standar operasional managemen IT untuk administrator aplikasi !