1.3. Jelaskan dan berikan contoh bagaimana menggunakan layanan SI yang efektif dan cepat tanggap terhadap permasalahan tentang aplikasi yang digunakan oleh user !
Langkah-langkah
yang dapat diambil dengan menggunakan penerapan IT dalam meningkatkan produk
serta layanan yakni dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemudahan penggunakan
teknologi dalam bertelekomunikasi,sehingga dengan ini kita dapat dengan mudah
untuk menyebarkan informasi mengenai produk kita yang baru.Dengan istilah lain
adalah information produk share.Selain itu kita juga dapat melakukan
langkah-langkah umum seperti :
1.
Kualitas pelayanan Harus meningkat dengan pemanfaatan IT
yang dimaksudkan dalam hal
ini adalah,bahwa sudah jelas tentunya dengan pemanfaatan IT suatu perusahaan
akan meingkat pelayanannya dengan memanfaatkan teknologi tersebut,seperti
dengan adanya customer service,serta pelayanan bantuan 24 jam mengenai produk
dan jasa.Selain itu juga pelayanan mereka juga dapat dilakukan secara online
sehingga akan memudahkan customer untuk tetap terhubung meskipun tidak memiliki
banyak waktu.
2.
Apakah Kualitas Produk (Quality Product) berpengaruh secara signifikan
terhadap Kepuasan Pelanggan (customer satisfaction)? Tentunya kualitas produk
yang baik akan berpengaruh kepada kepuasan pelanggan,sehingga perusahaan harus
memaksimalkan penggunaan IT nya untuk meningkatkan kualitas proses pembuatan
produk mereka,misalkan yang mana sebelumnya pembuatan produk dilakukan
manual,mulai dibuat dengan menggunakan mesin(otomasi).Sehingga tentunya akan
memberikan hasil produk yang lebih bagus dan akurat karena pihak perusahaan
dapat dengan tepat memberikan perintah pengerjaan secara berkala pada mesin
tersebut.
3.
Apakah Kualitas Pelayanan (service Quality) dan Kualitas Produk (Quality
Product) secara bersamaan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan
Pelanggan (customer satisfaction)?
Setelah 3 pertanyaan diatas mampu perusahaan lakukan dengan baik,maka selanjutnya adalah tentu kita yakin bahwa produk dan layanan kita sangatlah memuaskan sehingga pelanggan akan merasa senang dan puas untuk selalu menggunakan produk perusahaan tersebut
Dengan kata lain,langkah yang ditempuh untuk memanfaatkan IT guna
meningkatkan pelayanan dan produk diantaranya adalah :
·
Menggunakan IT sebagai media pemberi pelayanan secara online maupun
offline
·
Menggunakan teknologi dalam proses pembuatan produk(otomasi)
·
Pembukaan website sebagai langkah untuk mendekatkan diri kepada
pelanggan secara online
·
Mempercepat proses pembuatan produk dengan penggunaan teknologi yang
mutahir
·
Pemanfaatan internet sebagai langkah penyampaian informasi terbaru dari
produk maupun layanan
Contoh
Sumber :
Basuki, Sulistyo. 1993. Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama.
O’Brien
JA, Marakas G. 2009. Management Information System. Ninth edition. Boston: Mc
Graw Hill, Inc Universitas Gunadarma.
Lucas, Hendry C. Jr. 1987.
Analisis Desain Dan Implementasi Sistem Informasi. Jakarta: Erlangga.
Comments
Post a Comment